Apakah Perbedaan Engine dengan Mesin

https://perbedaan-antara1.blogspot.com/

PERBEDAAN - Tahukah anda masih banyak orang menganggap bahwa Engine (enjin Indonesia) sama dengan Machine (mesin Indonesia), atau jangan-jangan anda juga masih menganggap sama antara Engine dengan Mesin, padahal keduanya sangat berbeda.



Baiklah untuk dapat mengetahui perbedaan antara Engine dengan Machine maka kita harus memahami pengertiannya. Berikut ini adalah pengertian antara Engine dan Machine:


  • Engine (enjin/ Motor bakar Indonesia) adalah perangkat atau peralatan yang untuk menggerakkannya dibutuhkan tenaga yang berasal dari perangkat atau peralatan itu sendiri. (Tenaga dari dalam perangkat/ peralatan). Conyohnya Engine Diesel, Bensin, dan Engine gas.
  • Machine (Mesin Indonesia) adalah perangkat atau peralatan yang untuk menggerakkannya dibutuhkan tenaga yang berasal dari luar perangkat atau peralatan itu. (Tenaga dari luar perangkat/ peralatan). Contohnya Mesin Jahit, kendaraan roda dua, tiga, empat, dan seterusnya.
Berdasarkan pengertian tersebut maka kita dapat memahami bahwa Mesin jahit itu adalah Mesin bukan enjin, Mesin jahit manual adalah Mesin yang tenaga geraknya berasal dari ayunan kaki tukang jahit, sedangkan Mesin jahit listrik adalah Mesin dimana tenaga untuk menggerakkannya berasal dari Motor listrik.
Contoh yang lain adalah Mobil, mobil adalah Mesin yang untuk menggerakkannya dibutuhkan tenaga dari luar yaitu dari Engine/ enjin, sedangkan Engine adalah perangkat yang untuk menggerakkannya berasal dari proses pembakaran melalui pencampuran unsur-unsur bahan bakar, udara, dan panas yang berlangsung di dalam Engine.